Sunday, April 21, 2013

DKV ISI Yogyakarta 2012 Self Personata Artbook

my submission for "Self Portrait" The Artbook of DKV ISI YK 2012 which you can see really-really soon


oh look it's also come with a piece of poetry! (sorry to disappoint you all english readers, I'm afraid it's in Indonesian)




"Lelaki/Lembu Jantan Persembahan Dewa"
~Basumo 

Dia/aku, pandai besi, teman minum sang ahli pedang
Dia/aku, bocah persimpangan, penunjuk arah peziarah
dia/aku, anjing pincang, sahabat lama pengembara tua

Mereka akan membawaku ke bukit purnama, ditengah hutan purba para raksasa
Mereka akan memecahkan ubun-ubun, tengkorak, dan selaput mimpiku, tapi tidak dengan keberanianku 
dengan palu dari batuan kalsedon yang memercik perih
mengikat lembut rohku ke dalam serpihannya

dan sungguh aku berpendar
Tulangku adalah Lentera
rohku adalah nyalanya

biarkan pendarku menerangi jalan
para titisan, utusan, pahlawan, dan orang-orang pilihan

aku mesiu untuk pelurumu
aku senar untuk anak panahmu
aku hentakan dan erangan yang tersisa sebelum lompatan terakhirmu

aku pengasuh dan teman main pembawa pesan,
katalisator sang badai dan sang penggubah
darahku seruput dan tegukan anggur
matiku manisan purnama dalam kuluman sang gerhana

karena dia/aku/Lelaki/Lembu jantan korban persembahan dewa

2 comments: